Pertemuan Kedua HSWG ke-5 di Lombok Bahas Publikasi S-44 dan C-13

0

Koran Jurnal, Lombok – Pertemuan kedua the 5th Meeting of Hydrographic Surveys Working Group (HSWG) membahas terkait publikasi S-44 (standar untuk survey hidrografi) dan C-13 (manual tentang hidrografi) bertempat di Malimbu Meeting Room Aruna Senggigi Hotel, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (3/10/2023).

Kegiatan pertemuan yang menginjak hari kedua ini dihadiri oleh Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin sebagai delegasi dari Indonesia.

Pertemuan HSWG ke-5 pada hari kedua membahas tentang sasaran update publikasi S-44 dan C-13, dalam pembahasan tersebut tetap diperlukannya feature detection pada S-44, maupun metode klasifikasi ordo menggunakan point max distance yang akan ditelaah lebih lanjut mengenai nilai praktisnya dan untuk pengusulan definisi yang lebih selaras dengan lembaga pengampu keahlian lainnya.

Selanjutnya para delegasi menyampaikan penjelasan mengenai tahapan revisi publikasi C-13 sampai dengan tahun 2025, serta pembahasan pengaturan bab serta bagian pada publikasi C-13 supaya lebih logis, lengkap dan aplikatif.

Delegasi Indonesia yang diwakili Kadishidro Pushidrosal Kolonel Laut (P) Agus Triyana, Komandan KRI Rigel-933 Letkol Laut (P) Yohanis L Kalambo, dan Komandan KRI Pollux-935 Letkol Laut (P) Albert Mahendro Yudono.(disp)