Astra Cycling Tour 2020: Kayuh Semangat Kurangi Plastik

0

Koran Jurnal, Jakarta – Astra Cycling Tour (ACT) akan kembali digelar untuk ketiga kalinya berturut-turut sejak 2018 lalu.

Ketua Umum Astra Cycling Tour 2020 Ardian Nur mengatakan, ACT tahun 2020 mempunyai tema yang berbeda.

“Kali ini Astra Cycling Tour mengangkat tema ‘Kayuh Semangat Kurangi Plastik’,” kata Ardian Nur dalam acara media dan Community Gathering, di Gedung Astra, Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (26/02/2020).

Ardian menjelaskan, tema acara berangkat dari keprihatinan seluruh karyawan Astra terhadap masalah yang ditimbulkan oleh sampah plastik sekali pakai.

“Tema acara ini sesuai dengan gerakan semangat kurangi plastik yang diluncurkan bertepatan dengan HUT ke-63 Astra pada 20 Februari 2020,” ujarnya, yang juga anggota dari Astra Cycling Team, komunitas pesepeda di Group Astra ini.

Menurut Ardian, tema tersebut dipilih agar menjadi inspirasi masyarakat akan arti hidup sehat melalui olahraga dan lingkungan yang bersih.

“Selain meningkatkan gaya hidup sehat,
para peserta yang akan mengikuti kegiatan ini tidak akan diberikan kantong plastik saat pembagian “race kit”, namun diganti dengan tas yang bisa dipakai ulang, termasuk kemasan minuman pun akan diganti dengan botol minum atau tumbler sehingga tidak menyisakan sampah botol plastik selepas kegiatan,” tuturnya.

Ia menambahkan, kegiatan bersepeda massal tersebut akan diselenggarakan pada 5 April 2020 mendatang di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan. Berbeda dengan kegiatan tahun sebelumnya, ACT tahun 2020 menargetkan sekitar 7.000 pesepeda dari Jakarta dan sekitarnya serta dari kalangan Astra maupun komunitas sepeda atau masyarakat umum.

Kata Ardian, pada pelaksanaan perdana tahun 2018 diikuti sekitar 2.600 peserta, sedangkan tahun 2019 meningkat menjadi 6.500 peserta.

“Kalau tahun ini target 7.000 ya, tapi kami optimistis minimalnya ada 6.300 peserta yang hadir. Angka 63 itu terinspirasi dari usia Astra tahun ini,” kata Ardian Nur

Dalam kegiatan bersepeda massal, peserta bisa memilih dua nomor yang akan diikuti, yaitu nomor 30 kilometer dan nomor 60 km.

Untuk nomor terpendek, akan dikenakan biaya Rp300 ribu, sedangkan nomor 60 km dikenakan Rp350 ribu. Namun, bagi peserta yang mendaftar sebelum akhir bulan Februari akan mendapat potongan harga sebesar Rp50 ribu.

“Diskonnya kami batasi sampai akhir bulan ini saja, untuk nomor 30 kilometer jadi Rp250 ribu, nomor 60 kilometer Rp300 ribu. Supaya calon peserta makin semangat ikut,” kata Ardian.(red)