KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo Hadiri Pembukaan Seoul International Aerospace and Defense Exhibition 2023

0

Koran Jurnal, Korea Selatan – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA, menghadiri pembukaan Seoul International Aerospace and Defense Exhibition (Seoul ADEX), yang diselenggarakan di Seoul Airport, Selasa, (17/10/2023).

Seoul ADEX merupakan event dua tahunan yang menjadi ajang prestisius bagi industri dirgantara dan pertahanan internasional.

Salah satu momen penting dalam kunjungan ini adalah penampilan perdana pesawat prototipe Korea Aerospace Industries (KAI) KF-21. Pesawat KF-21 model single-seat terbang sebagai bagian dari upacara pembukaan, bersama dengan armada Angkatan Udara Republik Korea yang mencakup pesawat KAI FA-50, Boeing F-15K, Lockheed Martin F-16, Lockheed F-35, serta berbagai jenis pesawat pendukung seperti helikopter KAI Surion, dan Airbus Defence & Space A330 multi-role tanker transport.

Tidak hanya itu, sebuah KF-21 model twin-seat yang merupakan prototipe keenam dan kedua dengan dua kursi juga tampil dalam pameran ini. Pesawat tersebut menampilkan bendera Indonesia dan Korea Selatan, mencerminkan kolaborasi yang kuat antara kedua negara dalam pengembangan pesawat ini.

Selain menyaksikan pameran, Kasau juga melaksanakan Courtesy Call kepada Kepala Angkatan Udara Korea Selatan (Chief of Staff of the Air Force) General Jung Sang-hwa, untuk memperkuat hubungan antara kedua Angkatan Udara.

Selama kunjungannya, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo juga mengunjungi Chalet KAI, di mana ia berkesempatan untuk mendalami lebih lanjut perkembangan terkini dalam industri dirgantara.

Kunjungan KSAU ke Seoul ADEX 2023 menjadi bukti bahwa kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan dalam mengembangkan teknologi pertahanan canggih, serta memperkuat hubungan bilateral di bidang pertahanan, khususnya teknologi alutsista kedirgantaraan.(disp)